Indah Dipandang saat Mekar, Ini Manfaat Menakjubkan Bunga Telang

Bunga Telang. (int)

FAJAR.CO.ID — Belakangan ini, banyak yang menanam bunga telang sebagai tanaman hias. Bunga ini merupakan tanaman merambat yang biasanya ditemukan di taman atau tumbuh liar.

Menariknya, bunga telang yang biasa ditanam sebagai tumbuhan liar bisa dibuat menjadi teh biru (dari bunga telang biru).

Tanaman herbal ini merupakan tanaman asli Asia tropis. Berikut ini beberapa manfaat bunga telang untuk kesehatan, seperti dilansir laman Genpi.co, Jumat (30/10/2020).

  1. Melancarkan Buang Air Kecil

Bunga telang memiliki sifat diuretik yang artinya tanaman ini bisa melancarkan buang air kecil. Bagian bunga telang yang digunakan untuk manfaat ini adalah akarnya.

Rebuslah 0,3 gram akar bunga telang dengan empat gelas air. Setelah mendidih dan air berkurang setengahnya, saringlah rebusan tersebut. Minum satu gelas air rebusan sebanyak dua kali sehari hingga terasa khasiatnya.

  1. Menyehatkan Mata

Sejak zaman dahulu, bunga telang telah digunakan masyarakat untuk mengatasi gangguan mata. Termasuk mata merah dan penglihatan yang buram.

Cara membuat ramuan bunga telang ini pun tidak sulit. Anda hanya perlu merebus lima bunga telang di dalam 50 ml air.

Pakailah gelas ukur agar tidak salah takaran. Setelah direbus, airnya akan menjadi warna biru.

Nah, air rebusan yang berwarna biru pekat inilah yang digunakan sebagai obat tetes mata. Sebelum menggunakannya, pastikan air bunga telang dalam keadaan suhu normal.

KONTEN BERSPONSOR

Komentar