Kecam Presiden Emmanuel Macron, Kemenlu Panggil Dubes Prancis

Presiden Prancis Emmanuel Macron. Foto AP

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) telah memanggil Duta Besar Prancis untuk Indonesia Olivier Chambard.

Menurut Plt Juru Bicara Kemenlu Teuku Faizasyah, kementerian pimpinan Retno LP Marsudi itu, memanggil Chambard guna Indonesia menyampaikan kecaman pemerintah Indonesia atas sikap dan pernyataan Presiden Prancis Emmanuel Macron yang dinilai menyudutkan Islam.

“Kemenlu telah memanggil dubes Prancis untuk indonesia. Dalam pertemuan tersebut disampaikan kecaman Indonesia atas pernyataan Presiden Macron yang menghina Islam,” ujar Faizasyah kepada jpnn.com, Jumat (30/10).

Faizasyah meyakini Dubes Chambard akan menyampaikan sikap Indonesia tersebut kepada pemerintah Prancis.

“Kelaziman praktik diplomasi, dubes asing yang dipanggil akan menyampaikan ke pemerintah pusatnya pokok-pokok pesan yang disampaikan tersebut,” tutur dia.

Sebelumnya Macron menuai kecaman luas di kalangan umat Islam menyusul pernyatannya soal pembunuhan terhadap guru di Prancis yang menampilkan karikatur Nabi Muhammad sebagai bahan ajar untuk murid.

Macron tak mau mengecam soal karikatur Nabu Muhammad yang ditampilkan media satire Charlie Hebdo. Selain itu, tokoh kelahiran 21 December 1977 itu juga menyebut Islam sebagai agama yang sedang mengalami krisis. (jpnn/fajar)

KONTEN BERSPONSOR

Komentar

Saksikan video berikut: