Microsoft Ciptakan Kain Canggih yang Dapat Mendeteksi Objek di Atasnya

Kain pintar yang dikembangkan Microsoft bisa mendeteksi objek di atasnya. (Microsoft)

FAJAR.CO.ID, TEKNO — Satu lagi inovasi unik dan tak pernah terbayangkan sebelumnya sedang dikembangkan oleh Microsoft. Keluar dari perangkat gadget dan software canggih yang biasa mereka buat, kali ini Microsoft dilaporkan sedang mengembangkan kain fabric

Bukan sembarang kain fabric yang dikembangkan Microsoft. Kabarnya, kain tersebut memiliki teknologi canggih. Mengapa canggih? Hal itu lantaran kain yang sedang dalam proses pengembangan lebih lanjut itu, diklaim bisa mendeteksi objek yang berada di atasnya dengan cepat dan akurat.

Kain yang dikembangkan oleh Microsoft dan peneliti di beberapa universitas itu dinamakan Capacitivo. Seperti sudah disinggung di atas, seperti namanya (kapasitif), kain tersebut dapat mendeteksi dan mengenali objek yang diletakkan di atasnya.

Ini berarti bahwa dengan misalnya meletakkan item makanan di atas kain tersebut, dia akan dapat mengetahui jenis item tersebut dan bahkan mungkin dapat menyarankan hidangan yang dapat anda masak dengannya, atau bahkan membantu anda merencanakan diet Anda.

Selain makanan, Capacitivo juga dapat mendeteksi benda-benda seperti cairan atau benda non-logam. Menurut Microsoft di laman resminya, berdasarkan studi kecil 10 orang mereka yang melibatkan penggunaan 20 objek berbeda, Capacitivo berhasil mencapai peringkat akurasi 94,5 persen.

Karena itu, ini adalah pengembangan yang menarik, namun kami masih tidak yakin dengan apa yang akan dilakukan Microsoft dengan kain tersebut. Di tempat lain, kami pernah melihat perusahaan seperti Google mencoba membuat pakaian dan kain yang cerdas.

KONTEN BERSPONSOR

Komentar