Populer di Indonesia, Kedelai jadi Makanan Kaya Manfaat

Kedelai

Populer di Indonesia, Kedelai jadi Makanan Kaya Manfaat

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Konsumsi kedelai, sangat baik untuk tubuh. Itu dipaparkan pakar gizi dalam webinar yang diselenggarakan PT Amerta Indah Otsuka.

Pakar gizi, Institut Pertanian Bogor (IPB), Dr Rimbawan menjelaskan ada banyak kebaikan dan manfaat dari konsumsi kedelai.

“Manfaatnya sangat banyak, bagi kesehatan bila dikonsumsi dengan baik. Kita ketahui bahwa, kacang kedelai ini mengandung karbohidrat, serat, lemak dan asam lemak dan protein,” paparnya.

Selain itu, ditambahkan juga bahwa, kandungan kedelai ini, ada 16.6 gram protein, Karbohidrat 9.9 gram, serat 6 gram, energi 173 kkal dan lemat 9 gram.

Dikatakan juga bahwa, kacang kedelai ini cukup populer di Indonesia. Kedelai banyak dijual di pasaran. Kacang kedelai bisa diolah menjadi makanan maupun minuman seperti tempe, tahu, tepung, hingga susu kedelai. Jenis kacang ini merupakan sumber protein, serat, dan isoflavon.

“Kacang kedelai juga mengandung nutrisi lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti menjaga kekuatan tulang, menurunkan berat badan, dan mengobati berbagai jenis penyakit,” ulasnya.

Dr Rimbawan juga mengatakan kedelai memiliki kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan, di antaranya molybdenum berfungsi sebagai kofaktor beberapa jenis enzim penting.

“Kandungan lainnya adalah Vitamin K1 berperan penting dalam pembekuan darah. Sangat banyak manfaat apabila konsumsi kedelai,” tambahnya.(fit)

KONTEN BERSPONSOR

Komentar