Fahri Hamzah Sebut Pemda DKI Beroposisi ke Pemerintah Pusat, Begini Respon Taufik Rendusara

Sabtu, 31 Oktober 2020 13:25

Fahri Hamzah dan Taufik Rendusara

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Wakil Ketua Umum Partai Gelora, Fahri Hamzah menyebut ada pemerintah daerah yang melakukan oposisi ke pemerintah pusat.

Pernyataan Fahri Hamzah itu lantas direspons politikus Partai Demokrat, Taufik Rendusara. Dia mempertanyakan alasan kenapa mantan wakil ketua DPR itu membuat pernyataan seperti itu.

“Maksudnya gimana bung… Coba jelaskan tindakan oposisi pemda DKI terhadap pusat dimaksud itu yang mana? Karena fakta yang ada justru pemerintah pusat yang menjadikan pemda DKI sebagai oposisi. Ditunggu penjelasan bung,” kata Taufik di akun Twitternya, Sabtu (31/10/2020).

Di cuitan lainnya, Taufik juga menyebut dugaan kenapa Fahri sampai menyebut, Pemprov DKI beroposisi ke pemerintah pusat.

“Mungkin karena pemprov DKI Jakarta terus menerus mendapat pengahargaan sampai muncul hastag #JakartaJuaraDunia maka bung @Fahrihamzah menyebut Pemda DKI sebagai oposisi pemerintah pusat…,” sebutnya.

Sebelumnya, Fahri membuat jajak pendapat di akun Twitternya tentang pembentukan pemerintah pusat dan daerah.

Hasilnya, dari 913 warganet yang memberikan suara. 28 persen mengatakan daerah membentuk pusat, 37,1 persen bilang pusat membentuk daerah dan sisanya 34,8 persen menjawab tidak paham.

“Dalam sistem kita, “pusat membentuk daerah” dalam sistem amerika, “negara bagin membentuk negara federal”. Maka, daerah punya ruang fiskal yang lebih besar. Di Indonesia, pemda berharap bantuan pusat,” kata Fahri terkait hasil surveinya.

Komentar