Unhas Tuan Rumah Sidang Tahunan Majelis Senat Akademik PTN-BH 2020

Sabtu, 31 Oktober 2020 12:55

“Sidang Tahunan ini juga menjadi momentum estafet kepemimpinan MSA PTN-BH dari Universitas Indonesia ke Universitas Hasanuddin. Pertemuan juga membahas rekomendasi penguatan Unhas sebagai Ketua MSA tahun 2020-2021,” kata Prof. Syafruddin.

Ketua Senat Akademik Universitas Indonesia, sebagai Ketua MSA PTN-BH periode 2019-2020 (Prof. Dr. Nachrowi, M.Sc, M.Phil) menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas persiapan dan pelaksanaan kegiatan. Beliau juga menguraikan situasi pendidikan tinggi yang menjadi tantangan bagi Senat Akademik dan bagi pengelola PTN-BH.

“Dampak pandemi diperkirakan masih akan berlangsung hingga semester pertama tahun 2021, sehingga kampus nampaknya masih akan belajar daring hingga tahun depan. Ini menjadi isu yang perlu dibahas, bagaimana perguruan tinggi khususnya PTN-BH menyikapi kondisi tersebut,” kata Prof. Nachrowi.

Dalam kaitannya dengan kebijakan pendidikan tinggi, Prof. Nachrowi secara khusus meminta perhatian terkait kebijakan Merdeka Belajar: Kampus Merdeka. Menurutnya, Kampus Merdeka seharusnya bukan saja memfokuskan pada mahasiswa, namun juga dosen sebagai bagian tidak terpisahkan perlu diperhatikan.

“Dosen di Indonesia ibarat manusia-manusia super, yang diharapkan bisa melaksanakan semua elemen tri dharma perguruan tinggi secara sempurna. Dalam kenyataannya, dosen itu mempunyai passion yang berbeda-beda. Ada dosen yang bagus mengajar, namun biasa-biasa saja dalam penelitian, atau sebaliknya. Dosen perlu dievaluasi sesuai passion-nya,” kata Prof. Nachrowi.

Bagikan berita ini:
3
1
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar