Unhas Tuan Rumah Sidang Tahunan Majelis Senat Akademik PTN-BH 2020

Sabtu, 31 Oktober 2020 12:55

Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA, dalam sambutan pembukaan mengharapkan sinergi dan dukungan MSA bagi pengelola PTN-BH, sehingga pengelola perguruan tinggi dapat melahirkan model-model yang bisa menjadi prioner dan dapat dirujuk oleh perguruan tinggi lain.

“Saat ini kita berada dibawah dua kementerian, yaitu Kemendikbud dan Kemenristek/BRIN. Kita berharap ada jalan yang lebih cepat dengan tingkat kesiapan inovasi yang tinggi. Kita mendorong dosen-dosen dan peneliti untuk aktif melakukan penelitian dengan tingkat kesiapan inovasi yang siap untuk hilirisasi,” kata Prof. Dwia.

Namun disisi lain, keterbatasan anggaran masih menjadi isu yang dihadapi perguruan tinggi. Peralatan di laboratorium banyak yang harus diperbaharui. Pada dekade 1970-an, anggaran riset perguruan tinggi pernah mencapai sampai 0.6% dari PDB. Namun sekarang ini cenderung terus menurun.

“Beberapa waktu lalu, Bapak Presiden menyampaikan pada pertemuan dengan Forum Rektor PTN untuk membantu hal ini, bahkan memberi peluang kebijakan seperti pengurangan pajak bagi industri yang akan berinvestasi dalam bidang riset,” kata Prof. Dwia.

Bagikan berita ini:
5
4
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar