Mulai Populer, Ikan Cichlid Miliki Corak Warna Khas, Bikin Jatuh Cinta Pehobi

Minggu, 1 November 2020 20:39

ILUSTRASI. (int)

FAJAR.CO.ID — Bagi masyarakat kebanyakan, ikan cichlid belum sepopuler cupang, guppy, koi, atau arwana. Mengeja namanya saja belum tentu benar.

Namun, beberapa tahun belakangan, peminat ikan asli perairan tawar Afrika ini sangat ramai.

Berdasar garis keturunannya, cichlid (baca: siklid) masuk dalam famili Cichlidae. Nah, beberapa sumber menyatakan bahwa cichlid memiliki sekitar 2.000 spesies. Banyak kan?

Meski jenisnya ribuan, setiap varian punya corak warna yang khas. Bahkan, perbedaannya bisa sangat kontras antara satu jenis dan lainnya.

Saat ini cichlid menjadi salah satu ikan hias air tawar paling populer di dunia penghobi. Menurut salah seorang pencinta cichlid asal Surabaya, Adi Prasetyo, ikan itu memiliki daya tarik tersendiri. Terlebih pada bentuk tubuh ikan dewasanya yang proporsional. Tidak terlalu kecil, tetapi juga tidak terlalu besar. Ragam corak warna dan motif pada tubuhnya menjadi pesona tersendiri.

“Nggak tahu ya, saya kok cinta banget sama ikan ini. Padahal, sebelumnya saya juga pelihara ikan (hias yang lain, Red),” kata pria yang memelihara cichlid sejak 2019 tersebut. Bisa dibilang, Adi langsung jatuh cinta pada pandangan pertama saat melihat cichlid di akuarium temannya.

Bagikan berita ini:
6
9
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar