Mulai Populer, Ikan Cichlid Miliki Corak Warna Khas, Bikin Jatuh Cinta Pehobi

Minggu, 1 November 2020 20:39
Mulai Populer, Ikan Cichlid Miliki Corak Warna Khas, Bikin Jatuh Cinta Pehobi

ILUSTRASI. (int)

Setahunan lalu, Adi mengunjungi rumah salah seorang rekannya. Di sanalah perjumpaan dia dengan cichlid kali pertama terjadi. Adi langsung betah berlama-lama memandangi ikan berwarna-warni dengan berbagai corak di tubuhnya itu aktif berkeliling akuarium.

”Warna tubuhnya itu lho, hidup. Apalagi saat ditimpa cahaya lampu LED putih dan biru,” ungkap pemilik akun Instagram @cichlid.surabaya tersebut. Selepas pulang dari rumah temannya itu, Adi langsung memutuskan untuk memelihara cichlid.

Dia mengungkapkan, cichlid cukup agresif jika dibandingkan dengan jenis ikan lain dari famili Cichlidae. Wajar saja. Sebab, cichlid merupakan ikan teritorial. Meski begitu, cichlid termasuk ikan air tawar yang mudah beradaptasi dengan berbagai kondisi air dan suhu. Bahkan jika harus hidup di lingkungan air berkadar garam tinggi, tingkat oksigen rendah, atau sungai beraliran deras. ”Termasuk (ikan) cerdas. Tahu waktunya makan atau tidak,” jelasnya.

Pria asli Surabaya itu sempat menunjukkan 22 jenis ikan dari tiga spesies cichlid miliknya. Di antaranya, aulonocara atau peacock, mbuna, dan hap. Tiga jenis itu, kata Adi, tersebar di kawasan Afrika dan Amerika. Namun, mayoritas ikan miliknya berasal dari Afrika. Yakni, dari tiga danau di sana seperti Danau Malawi, Tanganyika, dan Victoria.

Bagikan berita ini:
6
5
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar