Mulai Populer, Ikan Cichlid Miliki Corak Warna Khas, Bikin Jatuh Cinta Pehobi

Minggu, 1 November 2020 20:39
Mulai Populer, Ikan Cichlid Miliki Corak Warna Khas, Bikin Jatuh Cinta Pehobi

ILUSTRASI. (int)

Meski bentuk tubuh dan corak warnanya mirip antara satu dan yang lain, Adi tidak sulit membedakan tiga jenis cichlid miliknya. Aulonocara terlihat dari corak warnanya yang kuat. Tampak kontras dengan warna dasar tubuhnya. Di ekornya, terdapat motif menyerupai batik.

Lalu, jenis hap memiliki bentuk tubuh lebih besar dan mulutnya tampak lebar. Mbuna punya corak warna di tubuhnya seperti zebra. Postur tubuhnya juga lebih memanjang.

Cichlid dari tiga danau di Benua Afrika lebih mudah dipelihara ketimbang yang berasal dari Amerika. Sebab, selain tangguh, ia tidak terlalu rewel untuk urusan makanan.

Adi cukup memberikan pakan pelet untuk ikan-ikannya. Sesekali saja chiclid diberi cacing beku atau kombinasi keduanya. ”Pagi pelet, siang cacing beku, malam pelet lagi,” terangnya.

Agar tidak kegemukan, Adi juga menyusun jadwal puasa untuk ikan-ikannya setiap Senin. ”Semingu sekali juga diberi semangka dan timun untuk asupan seratnya,” jelasnya.

Dia menjelaskan, jadwal puasa diperlukan untuk membentuk tubuh yang proporsional. Sebab, ikan tersebut termasuk hobi makan.

Bagikan berita ini:
1
5
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar