Pilkada Selayar Ketat, Waspada Money Politik

Minggu, 1 November 2020 21:03

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pilkada Kabupaten Selayar diprediksi akan berakhir dengan selisih perolehan suara tipis. Persaingan antara calon penantang Dr Zainuddin-Dr Aji Sumarno (ZAS) dan calon petahana Muh Basli Ali-Saiful Arif (BAS) ketat. Potensi money politik juga tinggi.

Direktur Eksekutif PT Indeks Politica Indonesia (IPI) Suwadi Idris Amir menyampaikan, berdasarkan hasil survei, jarak elektabilitas calon cukup rawan dimana undecided voter juga tinggal sedikit.

Menariknya, kedua calon bupati ini menggandeng mantan rivalnya sebagai pasangan. Saiful Arif dan Dr Aji Sumarno sama-sama merupakan calon bupati pada Pilkada 2015 lalu. Kala itu pasangan Muh Basli Ali-Dr Zainuddin keluar sebagai pemenang.

“Analisa kami, siapapun yang menang di antara kedua pasangan calon, jaraknya tidak akan jauh. Selisih tipis. Karena, biasanya undecided voter itu cenderung ke penantang,” kata Suwadi dalam diskusi bertema “Bedah peta elektoral Pilkada Selayar” di Warkop Aleta, Makassar, Minggu (1/11/2020).

Berdasarkan survei IPI pada 13-25 Oktober lalu, pasangan Muh Basli Ali-Saiful Arif memperoleh elektabilitas 49,8 persen. Sementara elektoral penantangnya sebesar 40,4 persen. Dari 800 responden, hanya 9,8 persen yang belum menentukan pilihan atau merahasiakan pilihannya. Adapun margin of error survei ini sebesar +/- 3,4 persen.

Bagikan berita ini:
6
3
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar