Biaya Umrah Bertambah, Biaya Swab Tes Ditanggung Calon Jemaah

Senin, 2 November 2020 18:22

Ketua Kesturi Sulawesi Selatan, Usman Jasad

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Kesatuan Tour Travel Haji dan Umrah Republik Indonesia (Kesturi) menyebut Calon Jamaah Umrah (CJU) yang akan berangkat melaksanakan Ibadah Umrah di tengah pandemi akan mengalami kenaikan biaya.

Lantaran adanya ketentuan dan kebijakan baru yang ditetapkan oleh Pemerintah Arab Saudi. Ketua Kesturi Sulawesi Selatan, Usman Jasad membenarkan hal itu.

Bahkan, kata dia di era new normal ini Pemerintah Arab Saudi menaikkan biaya pajak sebesar 30 persen.

“Kemudian juga kamar di hotel yang sebelumnya bisa ditempati sekamar berempat sekarang hanya bisa disediakan untuk berdua sehingga harganya juga akan mengalami kenaikan,” kata Ujas sapaan akrabnya.

Tidak sampai di situ, Ujas menambahkan calon jamaah juga diwajibkan untuk melakukan pemeriksaan tes swab yang biayanya ditanggung oleh calon jamaah.

Karenanya, pihaknya dan Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) akan berkoordinasi dengan Kementerian Agama untuk menetapkan harga referensi khusus untuk starting di Kota Makassar.

Sementara saat dikonfirmasi terkait keinginan calon jamaah umrah berangkat di tengah pandemi, Ujas mengaku para calon jamaah lebih memilih untuk melaksanakan ibadah umrah setelah kondisi mulai membaik atau vaksin disalurkan.

“Memang situasinya sekarang ini masih tahap awal sehingga ketentuan-ketentuannya agak mengalami perubahan dibandingkan yang sebelumnya tapi kedepan kita akan menyesuaikan dengan ketentuan-ketentuan baru ini,” tutupnya. (Anti/fajar)

Komentar