Konsumsi Jantung Pisang, Ini 6 Manfaat untuk Kesehatan

Senin, 2 November 2020 14:20

Ilustrasi jantung pisang. Foto: Pixabay

  1. Mengurangi perdarahan saat haid

Bagi kamu yang mengalami perdarahan cukup banyak saat haid, mengonsumsi jantung pisang yang telah dimasak dengan 250 ml yoghurt dinilai bisa mengatasinya.Sebab, kombinasi kedua makanan tersebut bisa meningkatkan produksi hormon progesteron, yang membantu meredakan perdarahan berlebihan saat haid.

  1. Meredakan gejala PMS

Mengonsumsi jantung pisang yang dikukus dengan yoghurt dan kelapa parut, dipercaya membantu untuk meredakan gejala PMS. Manfaat jantung pisang satu ini didapatkan dari kandungan probiotik dan serat di dalamnya, yang akan membantu mengurangi gangguan pada saluran pencernaan dan mencegah pembengkakan.

Jantung pisang juga mengandung magnesium, yang merupakan antidepresan alami. Sehingga, makanan ini berpotensi untuk bantu memperbaiki suasana hati.

  1. Meredakan infeksi bakteri

Jantung pisang juga disebut bisa membantu meredakan infeksi bakteri. Sebuah penelitian menghasilkan kesimpulan ekstrak jantung pisang bisa mengatasi infeksi yang disebabkan oleh bakteri Bacillus subtilis, Bacillus cereus, dan Escherichia coli secara alami.

Bacillus cereus dan Escherichia coli adalah bakteri yang sering menjadi biang kerok berbagai gangguan pencernaan, seperti diare, sakit perut, mual, juga muntah.

  1. Baik untuk pencernaan

Jantung pisang baik untuk kesehatan pencernaan, karena makanan ini mengandung serat, baik larut maupun yang tidak. Serat yang mudah larut membantu meredakan peyakit irritable bowel syndrome (IBS). Sementara itu, serat yang tidak larut membantu mengatasi konstipasi kronis. (genpi/jpnn/fajar)

Bagikan berita ini:
9
3
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar