Libatkan Novel Baswedan Tangkap Harun Masiku

Novel Baswedan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Indonesia Corruption Watch (ICW) menyarankan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk melibatkan Penyidiknya, Novel Baswedan dalam memburu buronan kasus dugaan suap pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR, Harun Masiku.

Sebab, Novel dinilai telah berprestasi dalam menangkap Direktur PT Multicon Indrajaya Terminal (MIT) Hiendra Soenjoto, buronan kasus dugaan suap terkait penanganan perkara di Mahkamah Agung (MA)

Peneliti ICW Kurnia Ramadhana menyatakan keberhasilan para penyidik KPK dalam meringkus buronan kasus korupsi Hiendra Soenjoto layak untuk diapresiasi.

Namun, ia menyayangkan seharusnya prestasi tersebut juga dapat dilakukan oleh tim satuan tugas (satgas) Harun Masiku.

“Sejak ditetapkan sebagai Daftar Pencarian Orang, praktis sudah sembilan bulan KPK terlihat enggan untuk meringkus mantan calon legislatif asal PDIP tersebut,” ucap Kurnia dalam pesan singkat, Mingu (1/11).

Maka dari itu, ICW mengusulkan agar tim satgas pencarian Harun Masiku dapat dievaluasi. Sebagai alternatifnya, kaya Kurnia, tim yang berhasil meringkus Nurhadi, Rezky, dan Hiendra dapat dilibatkan agar Harun Masiku dapat segera ditangkap.

“Jika tidak dilakukan evaluasi terhadap tim yang mencari Harun Masiku, maka diduga keras ada beberapa pihak di internal KPK yang ingin melindungi buronan tersebut,” tegas Kurnia.

Sementara itu, KPK menyambut baik masukan dari ICW mengenai pelibatan Novel. KPK juga mengaku telah melakukan evaluasi terhadap tim satgas yang bertanggung jawab menyelesaikan perkara Harun Masiku.

Komentar


KONTEN BERSPONSOR