Ambulans Desa Jadi Temuan BPK, Wabup Amran: Kami Ingin Perbaiki Agar Bisa Berpahala ke Masyarakat

Selasa, 3 November 2020 18:03

Wabup Wajo, Amran

FAJAR.CO.ID, SENGKANG — Hilir permasalahan mobil ambulans desa yang sedang menjadi topik pembicaraan telah diungkap Wakil Bupati (Wabup) Wajo, Amran.

Amran mengutarakan, puluhan ambulans desa yang bermasalah tersebut menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Roda empat itu merupakan pengadaan pemerintah desa, pada pemerintahan sebelumnya.

Sebagai bentuk tindaklanjut dari temuan BPK. Lanjut pengusaha batu bara ini, Pemkab Wajo mengeluarkan surat bupati Wajo nomor 140/170/DPMD yang ditandatangani oleh Wabup Wajo, Amran pada 27 Maret lalu.

“Saya ini hanya mau memperbaiki. Agar unit-unit bisa berpahala dan digunakan masyarakat. Makanya saya terbitkan surat itu,” jelasnya.

Dalam surat itu, Pemkab Wajo meminta para kepala desa mengalokasikan anggaran melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes), untuk melengkapi spesifikasi serta kelengkapan fasilitas. Supaya ada peningkatan fungsi dan pemanfaatan ambulans tersebut.

Seperti, branker, oxygen, selang, gantungan infus, lampu sirine, lampu penerangan dalam mobil, fasilitas lainnya hingga branding mobil.

Selain bertujuan menindaklanjuti temuan BPK, juga mobil layanan kesehatan masyarakat desa diharapkan bersinergi dan mendukung program kerja Pemkab Wajo, oto dottoro.

“Yang problem adalah Kades tidak mau merubah spesifikasi (tidak secara keseluruhan, red). Kalau dirubah selesai persoalan, tidak menyalahi kalau dilengkapi dengan standar ambulans,” nilainya. (man/fajar)

Komentar


VIDEO TERKINI