Benarkah Nasi Terlalu Lama Dipanaskan di Rice Cooker Beracun? Ini Penjelasan Ahli Gizi

Selasa, 3 November 2020 13:53
Belum ada gambar

ILUSTRASI. Internet

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Mayoritas orang Indonesia percaya kalau belum makan nasi, belum makan namanya, walaupun sebelumnya sudah makan tiga lembar roti tawar sekalipun.

Nasi adalah makanan pokok orang Indonesia. Warung makan atau restoran mewah sekalipun pasti menyediakan setidaknya satu menu nasi.

Nasi akan lebih nikmat disajikan dalam keadaan panas. Zaman modern tidak perlu repot-repot menghangatkan kembali nasi setiap ingin makan, ada perangkat elektronik bernama rice cooker yang akan menjadikan nasi anda panas sepanjang waktu.

Meski terbilang praktis, namun sebagian orang menganggap terlalu lama memanaskan nasi di rice cooker dapat membahayakan kesehatan hingga menyebabkan kanker. Mengerikan bukan?

Dokter Spesialis Gizi Klinik dari RS Metropolitan Medical Center, Raissa Edwina Djuanda menjelaskan nasi yang dihangatkan terlalu lama atau lebih dari 12 jam di rice cooker belum bisa dikatakan berbahaya bagi kesehatan.

Termasuk disebut dapat menyebabkan kanker. Sejauh ini, terang Dr. Raissa, penelitian terkait itu belum pernah dijajaki ahli.

“Sampai saat ini belum ada penelitian yang mengatakan nasi dipanaskan terlalu lama menyebabkan kanker,” tegas Raissa kepada fajar.co.id, Selasa (3/11/2020).

Meski belum ada penelitian yang menyebut terkait resiko kesehatannya, Raissa menyarankan jika ada sisa nasi di meja makan, sebaiknya jangan ditinggal atau dipanaskan terlalu lama di rice cooker/magic com.

Bagikan berita ini:
7
5
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar