Mulyani Dollah Ikuti Sosialisasi Stranas Pencegahan Perkawinan Anak

Selasa, 3 November 2020 15:30
Belum ada gambar

Ketua TP PKK Sidrap, Hj. Mulyani Dollah mengikuti Sosialisasi Strategi Nasional Pencegahan Perkawinan Anak (Stranas PPA)...

FAJAR.CO.ID, SIDRAP — Ketua TP PKK Sidrap, Hj. Mulyani Dollah mengikuti Sosialisasi Strategi Nasional Pencegahan Perkawinan Anak (Stranas PPA) yang digelar secara virtual oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Selasa (3/11/2020).

Sosialisasi ini digelar atas kerjasama Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB Provinsi Sulsel dengan Institute of Community Justice (ICJ) atas dukungan Australia – Indonesia Partnership for Justice 2 (AIPJ 2).

Mengikuti sosialisasi di Rujab Bupati Sidrap, Ketua TP PKK Sidrap didampingi oleh ketua Pokja 1 Hj.zainidar, sekretaris A. asmi, bendahara andi muntu dan beberapa pengurus PKK Kabupaten serta ketua PKK Kecamatan se-kabupaten Sidrap.Dalam kesempatan itu, Bronsyn Robbins dari Australian Consulate General Makassar, mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sulsel atas dukungannya mensosialisasikan strategi nasional pencegahan perkawinan anak. Ia berharap melalui sosialisasi itu tercipta kemajuan dalam upaya menghapus perkawinan anak.

“Secara global Indonesia termasuk dalam sepuluh negara teratas dengan jumlah perkawinan anak yang tinggi, dan menduduki peringkat kedua di negara asia tenggara,” katanya.

Ia juga menyampaikan bahwa setidaknya 1 dari 6 anak perempuan menikah sebelum mencapai usia 18 tahun. “Data Badan Pusat Statistik menunjukkan bahwa perkawinan anak di Indonesia masih stagnan di kisaran 11% sejak tahun 2016,” ungkapnya.

Namun, lanjut Bronsyn, Indonesia telah membuat kemajuan yang signifikan dalam pencegahan perkawinan anak, termasuk amandemen UU Perkawinan tahun 2019 yang menetapkan usia sah menikah yang sama bagi laki-laki dan perempuan yaitu 19 tahun.

Bagikan berita ini:
10
8
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar