Pilpres Amerika, Joe Biden Sapu Bersih Lima Suara Pertama

Selasa, 3 November 2020 20:54

Biden & Trump

FAJAR.CO.ID — Calon Presiden Amerika Serikat Joe Biden menyapu bersi lima suara pertama yang diberikan dan selesai dihitung dalam Pemilihan Umum 2020, Selasa (3/11/2020).

Seluruh suara itu berasal dari Dixville Notch dan Millsfield di Negara Bagian New Hampshire. Sejak Pemilu AS 1960, dua kota kecil tersebut selalu jadi yang pertama menyelesaikan penghitungan suara.

Para pemilih memilih kandidat mereka untuk presiden AS dan gubernur New Hampshire, juga anggota legislatif federal dan negara bagian, dalam pemungutan suara tengah malam.

Bertempat Ruang Pemungutan Suara di Resor Balsams Dixville Notch, Les Otten, satu dari hanya lima pemilih lokal yang terdaftar, memberikan suara pertama.

Otten, yang mengklaim sebagai simpatisan Partai Republik seumur hidup, kali ini memberikan suara untuk calon presiden dari Partai Demokrat yang juga mantan wakil presiden AS Joe Biden.

“Saya tidak setuju dengannya dalam banyak hal,” kata Otten tentang Biden dalam sebuah video yang diunggah di Twitter sebelum pemungutan suara.

“Namun saya yakin inilah saatnya untuk menemukan apa yang mempersatukan kita, dan bukan apa yang memisahkan kita,” katanya lagi.

Pemilu AS 2020, termasuk pemilihan presiden dan anggota kongres, berlangsung di tengah pandemi COVID-19 yang melonjak di negara itu, dengan lebih dari 9,2 juta kasus dan lebih dari 230.000 kematian telah dilaporkan hingga Senin (2/11) malam waktu setempat, keduanya merupakan yang tertinggi di dunia.

Komentar


VIDEO TERKINI