DPO Sejak 2017, Terpidana Korupsi Dana Block Grant Ditangkap Kejaksaan

Rabu, 4 November 2020 20:06

Terpidana kasus korupsi dana block grant, Ahmad Rusyudi (rompi merah)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Seorang pria ditangkap petugas dari Tim Kajari Makassar yang dibantu Kejati Sulsel. Namanya Ahmad Rusyudi.

Ahmad merupakan pria yang selama ini jadi buronan atas kasus korupsi dana block grant, yang ada di Kementerian Agama (Kemenag) Sulsel tahun 2007. Pada saat itu dia menjabat sebagai Kasubag Perencanaan Kemenag Sulsel.

Penangkapan itu pun dilakukan di kediaman pribadi milik Ahmad. Tepatnya di Jalan Al Markaz, Kecamatan Bontoala, Kota Makassar, pada Rabu (4/11/2020) sekitar pukul 15.00 Wita.

“Ini soal DPO dalam kasus penyalahgunaan dana block grant di Kementerian Agama Sulsel tahun 2007, dengan anggaran sekitar Rp5 milliar,” kata Kasi Penerangan Hukum Kejati Sulsel Idil kepada wartawan.

Atas korupsi itu, negara pun mengalami kerugian sebesar Rp1 miliar rupiah. Usai ditangkap, Ahmad Rusyudi pun dibawa ke Kajari Makassar untuk dimintai keterangan.

Tampak Ahmad mengenakan topi cokelat, kemeja lengan pendek motif kotak, celana panjang jenis jeans, dan sendal jepit. Lengkap dengan rompi merah sebagai tahanan Kajari Makassar.

“Pelariannya sudah tiga tahun (karena) 2017 DPO. Putusannya pidana penjara selama enam tahun kemudian denda sebanyak Rp200 juta subsider enam bulan,” ujar Idil.

Namun Ahmad sendiri telah mengembalikan uang sanksi pengembalian kerugian, sebesar Rp100 juta dari total senilai Rp332 juta rupiah.

Komentar