Rumania Tolak Huawei Bangun Jaringan 5G

Rabu, 4 November 2020 13:43

Ilustrasi logo Huawei.

FAJAR.CO.ID, TEKNO — Huawei telah ditolak oleh Rumania karena membangun jaringan 5G di wilayah tersebut. Berita tersebut muncul setelah Perdana Menteri Rumania Ludovic Orban menyatakan bahwa perusahaan “tidak memenuhi persyaratan [keamanan]” yang akan memungkinkannya menjadi bagian dari proses pembangunan 5G.

Menurut laporan RFERL, Perdana Menteri Rumania menyatakan dalam sebuah wawancara bahwa “Sehubungan dengan 5G, [China] tidak dapat menjadi mitra kami.” Lebih lanjut, Duta Besar AS untuk Rumania Adrian Zuckerman juga telah berulang kali memperingatkan tentang risiko keamanan yang ditimbulkan oleh raksasa teknologi China itu, yang menjadi alasan mengapa Amerika tampaknya melarang perusahaan tersebut dari jaringan 5G, seperti yang dilakukan Inggris awal tahun ini.

Langkah tersebut juga mencerminkan sikap AS terhadap penyedia peralatan telekomunikasi China, yang bahkan memaksa negara-negara sekutu lainnya untuk memblokir Huawei. Dalam beberapa kesempatan, pemerintahan Trump juga menuduh bahwa perusahaan tersebut berpotensi menjadi front bagi pemerintah China untuk spionase, yang telah dibantah keras oleh Huawei dan Beijing.

Pada tahun 2019 lalu, Presiden AS Donald Trump dan Presiden Rumania Klaus Iohannis menandatangani nota bahwa pertimbangan yang cermat akan diambil ketika menggunakan peralatan 5G dari perusahaan yang mungkin memiliki hubungan dengan pemerintah lain. “Kami akan memilih perusahaan yang tidak menimbulkan ancaman terhadap keamanan nasional atau area lain.” tutup Adrian.(fajar)

Bagikan berita ini:
5
2
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar