Nyatakan Kemenangan, Joe Biden Cetak Sejarah Pilpres Amerika

Kamis, 5 November 2020 17:26

Joe Biden. (int)

FAJAR.CO.ID — Joe Biden memperoleh lebih dari 70,7 juta suara hingga 4 November 2020 waktu setempat. Jumlah itu lebih banyak dari siapa pun yang pernah mencalonkan diri sebagai presiden, seperti laporan Radio Publik Nasional (NPR).

Hitungan ini termasuk 300 ribu suara lebih banyak dari yang didapat Obama pada 2008, yang merupakan rekor sebelumnya.

Joe Biden, dinilai berhasil mencetak sejarah dalam Pilpres. Biden disebut memenangkan lebih banyak suara dibanding kandidat presiden lainnya dalam sejarah AS.

Dilansir dari CNBCTV18, Kamis (5/11), Biden telah memenangkan suara lebih banyak daripada kandidat presiden lainnya dalam sejarah AS. Biden memecahkan rekor yang dibuat oleh mantan Presiden Barack Obama menurut laporan media.

Biden melampaui rekor suara populer 69.498.516 yang dibuat oleh Obama pada 2008. Biden saat ini unggul sementara 2,7 juta suara dari Republik. Keunggulan didapat dalam penghitungan di negara-negara bagian yang disebut sebagai medan pertempuran utama.

Pada Rabu (4/11) waktu AS, Biden mengatakan, memenangkan cukup banyak negara bagian untuk mencapai angka 270 suara electoral college yang diperlukan untuk memenangkan kursi kepresidenan. Biden dengan optimis menyatakan kemenangannya bagi rakyat Amerika dan demokrasi Amerika.

Politico memberi Biden 264 suara electoral college dibandingkan dengan Trump yang baru meraih 214. Tim kampanye Trump sendiri meminta penghitungan suara di Michigan dan Wisconsin diselesaikan di pengadilan.

Komentar