Raih Bintang Mahaputera dari Jokowi, Akankah Gatot Tetap Kritis?

Kamis, 5 November 2020 19:45

Gatot Nurmantyo

FAJAR.CO.ID — Petinggi dari Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia ‎(KAMI) Gatot Nurmantyo bakal mendapatkan Bintang Mahaputera dari negara. Mantan Panglima TNI diharapkan tetap kritis terhadap pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) walaupun sudah mendapatkan bintang tanda jasa.

Harapan itu disampaikan Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Nasir Djamil, Kamis (5/11/2020). Dia berharap Gatot Nurmantyo tetap bersemangat menyuarakan aspirasi masyarakat.

“Sebagai elite di KAMI tentu ini ujian bagi Gatot Nurmantyo apakah setelah menerima penghargaan ini, masih tetap kiritis kepada kebijakan-kebijakan pemerintah yang tidak pro rakyat?,” ujar Nasir kepada wartawan.

‎Anggota Komisi II DPR ini menambahkan, Gatot memang layak mendapatkan bintang tanda jasa tersebut. Itu karena dia telah pernah menjadi Panglima TNI dan juga banyak prestasi yang ditorehkannya.

“Sudah layak dan patut Gatot Nurmantyo mendapatkan medali penghormatan dari negara. Dedikasi dan pengorbanannya dalam membela dan mempertahankan negara diberi penghargaan oleh negara,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal memberikan tanda Bintang Mahaputera kepada Gatot sebagai eks Panglima TNI periode 2015-2017 dan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Arief Hidayat.

Selain itu, Presiden juga akan menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada salah satu tokoh yang terlibat dalam Sumpah Pemuda, Sutan Mohammad Amin Nasution, dan Kapolri ke-1 Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo.

Penganugerahan ini rencananya akan dilakukan pada Selasa (10/11) dan Rabu (11/11). Bintang Mahaputera terdiri dari beberapa kelas mulai dari Bintang Mahaputera Utama hingga Bintang Mahaputera Nararya.

Komentar