Digitalisasi Aksara Lontara Bergulir di Tengah Pandemi, PANDI Kerja Sama dengan Yayasan Aksara Lontaraq Nusantara

Jumat, 6 November 2020 18:41

Penandatanganan kerja sama digitalisasi aksara lontara. (IST)

FAJAR.CO.ID – Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) menandatangani nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) dengan Yayasan Aksara Lontaraq Nusantara di kediaman Andi Alifian Mallarangeng, di bilangan Jakarta Timur, Kamis, 5 November 2020.

Ketua PANDI, Yudho Giri Sucahyo, menyatakan penandatanganan MoU kali ini merupakan kelanjutan dari program bertajuk Merajut Nusantara Melalui Digitalisasi Aksara.

“Kegiatan ini diharapkan bisa memperkenalkan kembali dan melestarikan bagian dari budaya asli Indonesia, kami sangat senang untuk bisa bekerjasama dengan Yayasan Aksara Lontaraq Nusantara dalam rangka melanjutkan pelestarian aksara daerah,” ujar Yudho dalam keterangan persnya.

Penandatanganan yang berlangsung di masa pandemi covid-19 ini pun digelar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Meski demikian pelaksanaan MoU berlangsung sesuai harapan pengelola dan akademisi yang terlibat.

Andi Alifian Mallarangeng, Wakil Dewan Pembina Yayasan Aksara Lontaraq Nusantara menyambut baik kerja sama tersebut.

“Lontara sebenarnya merupakan aksara nusantara pertama yang terdaftar di Unicode, kami upayakan bersama sekitar tahun 90an silam, hanya saja belum diresmikan penggunaannya secara luas. Dari MoU yang terjalin dengan PANDI saat ini, saya sangat bersemangat untuk kembali bersama-sama melestarikan Aksara Lontara,” ungkap Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga tersebut.

Hal senada juga diungkap Prof Nurhayati Rahman, Ketua Dewan Pembina Yayasan Aksara Lontaraq Nusantara yang juga merupakan filolog aksara Lontara mengatakan bahwa digitalisasi aksara yang diupayakan PANDI merupakan satu hal yang dicita-citakannya sejak dulu, dan berharap bisa tetap lestari.

Komentar


VIDEO TERKINI