Joe Biden Diambang Kemenangan, Tuntutan Trump Ditolak

Jumat, 6 November 2020 15:19

Joe Biden dan Donald Trump

FAJAR.CO.ID, WASHINGTON– Calon presiden Amerika Serikat yang juga petahana, Donald Trump, bersikeras menuntut penghitungan suara di Michigan dan Georgia dihentikan. Tuntutan itu diajukan tim kampanye Trump ke pengadilan. Namun, hakim di Michigan dan Georgia menolak tuntutan hukum Trump.

Di Michigan, hakim Cynthia Stephens membuat keputusan selama sidang pengadilan pada Kamis (5/11). Dia mengatakan berencana mengeluarkan keputusan tertulis pada Jumat (6/11).

“Saya tidak memiliki dasar untuk menemukan bahwa ada kemungkinan masalah substansial,” kata Stephens seperti dilansir dari Channel News Asia, Jumat (6/11).

Tim kampanye Trump ngotot mengajukan gugatan untuk menghentikan penghitungan di Michigan dan mendapatkan akses yang lebih besar selama proses tabulasi. Keinginan Trump ditanggapi dingin oleh tim dari pesaingnya, Joe Biden.

“Itu tidak memiliki tujuan lain selain untuk membingungkan publik tentang apa yang terjadi dan untuk mendukung klaim ketidakberesan mereka yang tidak berdasar,” kata Tim Kampanye Biden, Bauer, kepada wartawan lewat telepon.

Kasus di Georgia dibatalkan oleh hakim setelah petugas pemilihan di daerah Savannah bersaksi bahwa semua surat suara itu telah diterima tepat waktu. Pejabat kampanye Trump mengatakan sebelumnya mereka sedang mempertimbangkan tuntutan serupa di lusinan kabupaten lain di seluruh negara bagian.

Seorang juru bicara kampanye Trump belum menanggapi permintaan komentar tentang putusan Georgia dan Michigan. Tim kampanye Trump telah meluncurkan serangkaian tuntutan hukum di seluruh negeri, termasuk satu tuduhan kecurangan dalam pemungutan suara di Nevada, salah satu negara bagian penting.

Komentar