Makassar Zona Oranye, Pemkot Makassar Belum Izinkan CFD

Jumat, 6 November 2020 15:40

Pemkot Makassar Belum Izinkan CFD

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Status zona oranye penyebaran covid 19 yang disandang Makassar tak membuat aktivitas Car Free Day (CFD) kembali bisa dilaksanakan.

Aktivitas CFD merupakan salah satu sektor selain sekolah tatap muka yang belum diizinkan Pemkot setelah Makassar setelah dinyatakan bebas dari zona merah penyebaran covid 19.

Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin menilai, kegiatan CFD masih berpotensi menimbulkan kluster baru. Sehingga perlu waktu dan kajian lebih mendalam untuk membuka semua sektor.

Menurut Rudy, saat ini Pemkot fokus pada pemulihan dan percepatan pertumbuhan ekonomi. Sehingga semua sektor akan dibuka secara bertahap.

“CFD juga belum, sabarlah. Jangan kita mau sekaligus. Biasanya kalau kita mau sekaligus dan tidak sabar itu biasanya kita kesandung. Hati-hati,” ujar Rudy saat ditemui di rujab Wali Kota, Jl Penghibur Makassar, Kamis (5/11/2020).

Kendati belum diizinkan, Pantauan di lapangan, warga Makassar sudah terlihat berolahraga di sejumlah titik car free day seperti di Jalan Boulevard dan Penghibur. Terutama di akhir pekan. Padahal Pemerintah Kota masih melarang kegiatan hari bebas kendaraan.

Sementara itu, Kadishub Kota Makassar, Mario Said mengatakan Pemkot tak melarang masyarakat untuk kembali melakukan aktivitas olahraga selama mematuhi protokol kesehatan.

“Kalau CFD secara formal belum dibuka, akan tetapi ini kan masyarakat sudah beraktivitas, jadi anggota kami melakukan pengawasan di daerah-daerah CFD untuk mengimbau masyarakat menjaga protokol kesehatan,” ungkapnya.

Komentar