Sekolah dari Rumah, Ini Deretan Aplikasi yang Dipakai Siswa

Sabtu, 7 November 2020 23:56

Foto: Samsung.com

FAJAR.CO.ID, JAKARTA—Perang melawan pandemi Covid-19 masih berlangsung. Mau tidak mau, School From Home (SFH) atau bersekolah dari rumah terus berlanjut. Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) ini menjadi salah satu upaya menekan penyebaran virus.

Kendati demikian, para siswa atau pun guru tidak harus risau. Pasalnya, sejumlah aplikasi untuk SFH mampu mempermudah kegiatan belajar mengajar secara online yang saat ini tengah berlangsung. Mulai dari Rumah Belajar hingga aplikasi lain seperti Zoom yang bisa didownload dengan mudah dan gratis pada toko aplikasi Playstore.

Berikut rekomendasi aplikasi untuk SFH terbaik yang dirangkum dari berbagai sumber:

Rumah Belajar

Aplikasi ini adalah buatan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia. Kemendikbud meluncurkan aplikasi belajar online gratis ini beberapa waktu lalu dan bisa dimanfaatkan para siswa dalam kegiatan belajar online.

Dengan dukungan media seperti video, audio, gambar, hingga animasi interaktif, kegiatan belajar dari rumah dipastikan tidak akan membosankan. Selain itu, Rumah Belajar juga menyediakan fitur menarik, seperti Sumber Belajar, Laboratorium Maya, Kelas Maya, Peta Budaya, dan lain-lain.

Microsoft Teams

Ini adalah aplikasi kolaboratif milik Microsoft. Dengan aplikasi ini, para guru bisa membangun ruang kelas yang kolaboratif. Terhubung dengan komunitas pembelajaran profesional, dan dengan siswa yang lain.

Guru yang menggunakan aplikasi ini bisa menyusun tugas sekolah, lengkap dengan panduan yang jelas. Mereka juga bisa mengelola dan melacak tugas serta nilai para siswa di setiap kelas secara langsung dengan memakai Microsoft Teams ini.

Komentar