Soal Pengolahan Sampah, Pemkab Barru Segera Kembangkan TOSS

Sabtu, 7 November 2020 11:38

FAJAR.CO.ID, BARRU–Pemkab Barru punya perhatian khusus terhadap pengolahan sampah. Kali ini inspirasi soal Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS).

Plt Bupati Kabupaten Barru, Nasruddin Abdul Muttalib menjelaskan, Barru ini daerah yang sumbur dan memiliki sumber daya yang melimpah. Hal ini tentu saja menjadi nilai lebih kabupaten yang berada di tiga dimensi ini.

Barru memiliki semuanya, ada sektor Industri, pertanian, perkebunan, peternakan, kehutanan, kerajinan. Tak dipungkiri ini semuanya menghasilkan sampah organik.

Sampah ini perlu pengolahan yang baik hingga diolah menjadi sumber energi bio massa.Dirinya mengaku sangat tertarik dengan program TOSS dan ingin dikembangan di Kabupaten Barru.

Untuk industri di Barru juga ada perusahaan Indonesia Power yang mengelola PLTU Bawasaloe. Perusahaan ini juga sedang merencanakan penggunaan sampah, limbah, maupun sisa pertanian untuk dikelola menjadi energi terbarukan.

“Karena itu apa yang kita saksikan di lokasi TOSS Center Karangdadi, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung ini kita akan kembangkan di Barru,”ujarnya.(rus/fajar)

Komentar