Tarung Ulang di Lumbung Suara, Empat Kontestan Revans di Pilwalkot Makassar

Sabtu, 7 November 2020 10:26

ILUSTRASI. Pilkada Sulsel

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR — Empat calon wali kota sudah pernah ikut bersaing. Ibarat revans, kini bertarung kembali.

BEDANYA, pada 2013, Moh Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) berpaket dengan Syamsu Rizal (Deng Ical). Saat ini, Danny berpaket dengan Fatmawati, istri Rusdi Masse yang juga Ketua Nasdem Sulsel.

Sementara Ical, berpaket dengan Fadli Ananda, seorang dokter di Makassar. Pilwalkot tahun ini juga diramaikan oleh Irman Yasin Limpo (None) yang memilih berpaket dengan A Zunnun, putra Nurdin Halid yang juga Wakil Ketua DPP Golkar.

Baik Danny, Ical, maupun None, pernah bertarung pada 2013. Selanjutnya, Munafri Arifuddin (Appi) yang berpasangan dengan Abd Rahman Bando, juga sudah pernah merasakan Pilwalkot pada 2018.

Keterlibatan empat paslon saat ini dalam pilwalkot, setidaknya bukan hal baru bagi 01. Kecuali 02 yang memang rata-rata baru ikut kontestasi tahun ini. Fakta ini sekaligus menjadi ujian elektorat atas basis pemilih yang telah mereka bangun pada pilwalkot sebelumnya.

Sebanyak 901.087 jiwa pemilih yang tersebar pada 15 kecamatan mereka harus perebutkan. Mulai dari Mariso, Mamajang, Makassar, Ujung Tanah, Wajo, Bontoala, Tallo dan Ujung Tanah.

Begitu pula pemilih yang menetap di Kecamatan Panakkukang, Tamalate, Biringkanaya, Manggala, Rappocini, Tamalate, hingga Kepulauan Sakkarang.

Berdasarkan data dari KPU Makassar per 2020 ini, pemilih terbanyak berada di Kecamatan Biringkanaya (123.226 jiwa), Tamalate (108.671), dan Rappocini (98.121).

Komentar