Nyaris Tersandra Biaya Rumah Sakit, Keluarga Pelipus Apresiasi Peran Ombudsman

Minggu, 8 November 2020 10:21

FOTO: ISTIMEWA

Setelah proses administrasi rumah sakit dilunasi keluarga Pelipus bisa keluar dari RS pada Sabtu 6 November 2020 dan langsung pulang ke Kabupaten Mamasa.

Melalui salah seorang kerabatnya keluarga Pelipus menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada tim Ombudsman.

“Mewakili keluarga Pelipus mengucapakan banyak terima kasih kepada Perwakilan Ombudsman Sulbar atas bantuannya baik secara lembaga maupun secara pribadi kepala perwakilan, Insya Allah malam ini pasien sudah bisa keluar dari RS,” tutur Tamin, melalui Whatsapp

Sebagai lembaga Negara pengawas pelayanan publik Ombudsman telah mempertanyakan proses penonaktifan kepesertaan JKN keluarga Pelipus kepada BPJS Kesehatan Mamuju, sebab sebagai penyelengaraan pelayanan publik seharusnya ada informasi yang sampai ke warga jika kepesertaanya dihapus.

Pihak BPJS Kesehatan Mamuju menyampaikan bahwa penonaktifan kepesertaan tersebut berdasarkan data DTKS yang dihimpun oleh Dinas Sosial kabupaten setempat dan diteruskan ke Kementerian Sosial.

Merespon keterangan dari BPJS Kesehatan Ombudsman mengimbau seluruh peserta BPJS tanggungan pemerintah segera memeriksa keaktifan kartu BPJS miliknya Jika dinyatakan ada masalah diminta segera melapor ke BPJS Kesehatan. Namun jika tidak mendapat layanan dari BPJS Kesehatan, segera lapor ke Ombudsman.

Melapor ke kantor Ombudsman bisa datang langsung atau melalui pengaduan online Ombudsman Sulbar di nomor WhatsApp 0811-2453-737. (rls)

Komentar