Sinjai Peringkat Pertama Rasio Kepadatan Sapi di Sulsel

Minggu, 8 November 2020 10:47

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID, SINJAI — Rasio kepadatan sapi di Kabupaten Sinjai mencapai 174 ekor per kilometer. Angka ini menjadikan Kabupaten berjuluk Bumi Panrita Kitta’ ini sebagai peringkat pertama kepadatan sapi di Sulawesi Selatan.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sinjai, Aminuddin Zainuddin menjelaskan, berdasarkan jumlah populasi, Sinjai memang menduduki urutan ketiga setelah Bone dan Gowa.

Hanya saja, kepadatan tertinggi ternak sapi berada di Kabupaten Sinjai. Mengalahkan Bone yang hanya 104 ekor sapi per kilometer persegi.

“Wajar kalau jumlah populasi mereka besar karena wilayahnya luas dibandingkan Sinjai, potensi untuk mengembangkan ternak sapi besar, tapi secara rasio kepadatan kita yang tertinggi,” jelas Aminuddin.

Oleh karena itu, berbagai langkah yang terus dilakukan agar populasi sapi terus bertambah. Seperti, dengan memberikan pemahaman kepada peternak untuk melakukan Inseminasi Buatan (IB).

Lalu mensosialisasikan penanaman rumput gajah untuk menyiapkan pakan. Termasuk memanfaatkan limbah pertanian untuk dijadikan pakan.

“Kami juga mendorong agar peternak mendaftar asuransi peternakan agar tidak ada kekhawatiran saat memelihara sapi,” tutupnya. (sir)

Komentar