Dosen Pembimbing Mahfud MD Sebut UU Ciptaker Tipologi UU Ortodok Otoriter

Senin, 9 November 2020 09:45

Menteri Kordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD-- jawa pos

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Dosen pembimbing disertasi Mahfud MD, Prof Maria Sumarjono angkat bicara terkait polemik omnibus law UU Cipta Kerja (Ciptaker).

Guru Besar Pertanahan UGM itu menyebut UU Ciptaker merupakan tipologi UU ortodok otoriter.

Hal itu dikatakan Prof Maria saat menjadi pembicara diskusi Fakultas Hukum UGM yang tayang di chanel YouTube ‘Kanal Pengetahuan FH UGM’.

Potongan video pernyataan Prof Maria dibagikan di Twitter dan menjadi pembicaraan ramai.

“Saya mau pinjam ini pendapat dari Papak Mahfud, Menko Pulhukam. Di dalam disertasinya itu, termasuk termasuk tipologi apa ini UU Cipta Kerja? ini adalah UU elitis, UU ortodoks,” ucap Prof Maria.

“Kok disebut elitis ortodoks? Lho ini saya pinjam Pak Mahfud ini. Otoriter. Bukan kata-kata saya ini. Ini perkataan Bapak Menteri, yang dulu kebetulan saya menjadi pembimbing disertasinya, saya masih hafal ini,” sambung Guru Besar Pertanahan UGM ini.

Pakar metodologi penelitian itu beberapa kali mengutip isi disertasi Mahfud. Maria sendiri penah menjadi Dekan FH UGM pada 1991-1997. Keprofesorannya di bidang hukum tanah.

Saya minjam dari Pak Mahfud sendiri. Lho kok bisa? Lho ini contohnya. Jadi ortodoks, elitis, otoriter,” jelas Maria.

“Karena apa? Ini hukum diberlakukan sebagai instrumen untuk melaksanakan kehendak sepihak dari penguasa. Jadi secara teoritis ini dibenarkan oleh Pak Mahfud,” tegas Maria.

Komentar