Tiga Daerah Masuk Daftar Kasus Kanker Tertinggi di Sulsel, Apa Saja?

Senin, 9 November 2020 09:44

Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Sulawesi Selatan, Lies F Nurdin

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Sulawesi Selatan, Lies F Nurdin mengatakan Kota Makassar, Kabupaten Luwu Utara dan Kabupaten Maros menjadi 3 daerah yang memiliki kasus penyakit kanker tertinggi di Sulawesi Selatan.

“Ada 2 yang paling tinggi kasus kanker kita di Sulsel yakni kanker serviks dan payudara,” kata Lies sekaligus Ketua PKK Sulsel.

Menurutnya penyakit yang rentan terhadap perempuan dan tidak mengenal usia ini disebabkan beberapa faktor, salah satunya faktor genetik.

Olehnya, pihak Pemerintah Provinsi Sulsel memberikan fasilitas untuk orang-orang yang terdeteksi mengalami kanker.

Ia menyiapkan sekretariat, klinik dan apotek Yayasan Kanker Indonesia cabang Sulsel yang berlokasi di Jalan Lanto Dg Pasewang.

“Jadi penderita kanker stadium dini bisa datang di sini. Ibu bapak yang mau berkonsultasi bisa datang datang langsung,” ucapnya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan, dr. Ichsan Mustari menuturkan hal yang sama. Menurutnya penyakit yang bisa berujung kematian tersebut juga dipengaruhi oleh gaya hidup yang kurang sehat.

“Sebenarnya, kanker itu motivator penyebabnya perilaku hidup yang kurang bersih, dengan kita mengetahui itu maka lifestyle ini harus kita ubah, perilaku hidup bersih harus kita terapkan,” ungkap Ichsan.

“Mengenai angka statistik itu cuma angka saja tapi bagaimana Provinsi Sulsel mengambil peran untuk pencegahan dan terapi kita buatkan,”lanjutnya.

Komentar