Belajar Tatap Muka Mulai Digelar, Gubernur NA Minta Protokol Kesehatan Covid-19 Diperketat

Selasa, 10 November 2020 16:39

Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR–  Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah meminta kepala sekolah (Kepsek) agar menerapkan protokol kesehatan Covid-19 ketika akan membuka akses belajar secara tatap muka.Mengingat beberapa sekolah kini tidak lagi menerapkan belajar jarak jauh, salah satunya di Kabupaten Toraja.

Kendati demikian, ia mengaku hingga kini masih menunggu usulan dari Kepsek supaya bisa memulai sekolah tatap muka. Bahkan, hal tersebut sudah dilaporkan secara langsung kepada Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo.

“Sulsel memiliki sistem yang cukup berbeda, yakni mulai dari bawah keputusan memulai sekolah tatap muka,” ujarnya, di Kantor Gubernur Sulsel, Selasa (10/11/2020). 

Yang paling penting, katanya, kesepakatan dari orang tua murid, pihak sekolah dan Dinas Kesehatan Sulsel maupun kabupaten/kota se-Sulsel. Pasalnya, Dinas Kesehatan bersama Dinas Pendidikan melakukan pengecekan kesiapan setiap sekolah, layak atau tidaknya untuk dimulainya sekolah tatap muka. 

“Ini juga sudah saya laporkan kepada Bapak Presiden, bahwa langkah kita di Sulawesi Selatan tidak lagi dari atas ke bawah, tetapi kita menunggu usulan dari sekolah atas persetujuan orang tua. Kepala sekolah mengusulkan kepada Kepala Dinas, nanti dinas pendidikan dan dinas kesehatan turun melihat protokol Covid dalam rangka pembelajaran tatap muka,” jelasnya.

Menurut dia, bila pihak Diskes dan Disdik sudah begitu yakin dengan keadaan protokol kesehatan, maka Pemprov Sulsel sendiri juga begitu yakin untuk memulai sekolah tatap muka.  

Komentar