Lewat Program PTSL, 53.252 Sertipikat Tanah Dibagikan di Sulsel

Selasa, 10 November 2020 18:38

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo untuk pertama kalinya telah menyerahkan satu juta sertipikat tanah untuk rakyat secara virtual.

Penyerahan dilakukan Senin kemarin, didampingi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Sofyan A Djalil bersama Kepala Kantor Staf Presiden, Moeldoko di Istana Negara, Jakarta. Sertipikat yang dihasilkan dari program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dan Redistribusi Tanah.

Di Sulsel, sebanyak 53.252 sertipikat tanah dibagikan kepada 100 orang perwakilan penerima yang berasal dari Kota Makassar sebanyak 50 orang, Kabupaten Gowa 25 orang dan Kabupaten Maros 25 orang. Penyerahan dilakukan di Hotel Claro Makassar, dihadiri Direktur Jenderal Pengendalian dan Penertiban Tanah dan Ruang, Budi Situmorang bersama Gubernur Sulawesi Selatan, Prof Nurdin Abdullah, Kepala Kantor Wilayah BPN Sulsel Bambang Priono dan sejumlah forkopimda.

“Tahun 2020, Kanwil BPN Sulsel mendapat target mendaftarkan sebanyak 67.065 bidang tanah melalui program PTSL. Alhamdulillah target telah tercapai 100%. Untuk itu, perkenankan saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas bantuan dan kerja sama dari seluruh pemangku kepentingan,” ucap Bambang Priono.

Dengan diterimanya sertipikat tanah oleh masyarakat Sulawesi Selatan, Gubernur Nurdin Abdullah berharap masyarakat bisa memanfaatkan untuk kepentingan produktif. Yakni meningkatkan nilai manfaat tanah dan dapat dijadikan kelengkapan persyaratan modal usaha.

“Sehingga melalui jalinan sinergi dan kerja sama antar pemangku kepentingan, program ini dapat berjalan tanpa hambatan sehingga target bisa dicapai secara optimal dan tepat sasaran,” kata Nurdin Abdullah.

Komentar