Sejak Dulu hingga Kini Banyak Cucu Nabi Berkiprah di Indonesia, Ada Nama Tsamara Amany

Selasa, 10 November 2020 21:50

Tsamara Amany Alatas.

FAJAR.CO.ID — Kedatangan Habib Rizieq Shihab (HRS) yang disambut dengan banjir manusia di Bandara Soekarno Hatta membuat heboh publik. Hanya saja, untuk diketahui, HRS bukanlah satu-satunya cucu Nabi Muhammad SAW yang berkiprah di Indonesia.

Sejak dulu, sudah banyak cucu Nabi yang terlibat di pemerintahan. Mungkin saat ini, kita mengenal zuriyat atau keturunan Nabi Muhammad SAW dari sematan Habib di depan nama mereka.

Sebut saja Habib Rizieq Shihab, Habib Hanif Al Athos, Habib Bahar Smith, Habib Ahmad Alhabsyi, Habib Novel Alaydrus, Habib Lutfhi bin Yahya, Habib Hasan bin Jafar Assegaf, dan lain sebagainya.

Padahal, banyak dari zuriyat Nabi ini yang tak menyematkan itu dalam namanya. Ataupun orang lain tak memanggilnya dengan sebutan Habib.

Keturunan Nabi Muhammad di Indonesia bisa dilihat dari marga yang mereka sandang di belakang namanya.

Dalam literatur Rabithah Alawiyah, organisasi pencatat keturunan Nabi Muhammad SAW, mendata ada 151 marga segaris keturunan Nabi yang masih ada di dunia, termasuk Indonesia.

Di Indonesia, dari 100 kabilah Assadah Alawiyah, kini hanya 68 marga keturunan sayid yang tersisa.

Adapun marga keturunan Nabi Muhammad di Indonesia antara lain ; Assegaf, Alaydrus, Alatas, Aljufri, Alhabsyi, Alhaddad, Syeikh Abu Bakar bin Salim, bin Syahab, bin Yahya, Alqadri.

Komentar


VIDEO TERKINI