Sekolah Mulai Lakukan Belajar Tatap Muka, Gubernur Ingatkan Harus Seizin Orang Tua

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR-- Dibukanya beberapa akses belajar tatap muka di sekolah menjadi perhatian khusus Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. Pasalnya di tengah pandemi Covid-19 potensi penyebaran bisa terjadi dan anak-anak dinilai cukup rentan.

Olehnya, Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah mengingatkan bagi sekolah yang ingin menerapkan proses belajar mengajar secara tatap muka harus mendapatkan izin dari orang tua murid.

"Semua bergantung dari kesiapan sekolah masing-masing termasuk persetujuan orang tua. Artinya orang tua juga ikut mengawasi. Ketika anaknya pergi sekolah, kemudian pulang dia tidak kemana-mana," kata Nurdin.

Selain orang tua, kepala sekolah juga turut andil dalam menentukan kesiapan sekolahnya. Mulai dari izin murid bersekolah melalui orang tua, kesehatan murid hingga penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Ia menjelaskan alur perizinan membuka akses belajar tatap muka ditentukan dari hasil tinjauan lapangan Dinas Kesehatan dan Dinas pendidikan, pasca kepala sekolah mengajukan permohonan untuk membuka sekolah tatap muka tersebut.

"Nah kalau ini semua kita (Pemerintah) diyakinkan bahwa protokol Covid-19 dijalankan dengan baik, tentu saya (Gubernur) pasti akan setuju. Tapi jangan tunggu dari kita (pemerintah) yang meminta sekolah dibuka, tapi kesiapan dari sekolah itu sendiri," ungkapnya.

Sebelumnya sejumlah sekolah di Sulsel sudah ada yang menerapkan proses belajar tatap muka, salah satunya sekolah yang berada di Kabupaten Toraja.

"Jadi kalau saya jangan dibuat sulit, intinya yang tau persis kondisi sekolah itu adalah kepala sekolahnya. Kalau kepala sekolahnya sudah menyiapkan protokol kesehatan dengan ketat seperti cuci tangan, wajib pake masker ke sekolah terus di sekolah juga diatur jaraknya mungkin kapasitas 50, maka silahkan," tutupnya. (Anti/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan