Kasus Covid-19 Meningkat, Disdik Makassar Belum Bolehkan Sekolah Tatap Muka

Rabu, 11 November 2020 18:25

Kadisnaker Makassar, Andi Irwan Bangsawan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Sekolah tatap muka untuk SD dan SMP di Makassar belum memungkinkan. Kasus terkonfirmasi positif pada anak usia anak sekolah justru meningkat.

Plt Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Makassar, Andi Irwan Bangsawan mengungkapkan, sekolah tatap muka di tingkat SD dan SMP belum memungkinkan dilaksanakan. Hasil kajian tim ahli Covid-19, ada peningkatan kasus pada usia anak sekolah.

“Walaupun sudah zona oranye tetapi anak-anak yang terdampak ternyata naik. Di bulan Agustus ada 120 orang, lalu naik jadi 190 di September. Artinya ini ada kenaikan yang mesti diwaspadai,” ucapnya.

Untuk saat ini pihaknya akan mencoba memaksimalkan pembelajaran daring. Mereka bakal melakukan evaluasi penerapannya agar efektivitas belajar di rumah tetap bisa terjaga.

“Kalau tatap muka saya katakan belum dimungkinkan. Jangan dahulu. Kalau ada yang berani membuka di bawah naungan pemkot silakan, tetapi siap-siap berhadapan hukum,” tegasnya.

Ketua Tim Epidemiologi Covid-19 Makassar dari Universitas Hasanuddin, Ansariadi, menyebutkan peningkatan kasus Covid 19 usia sekolah yakni usia 10-19 tahun mengalami penambahan sekitar 40 persen.

“Ini yang menghawatirkan karena sekolah belum buka tapi angkanya meningkat, boleh jadi mereka tertular lewat orang dewasa,” ungkapnya.

Ansariadi mengaku, saat ini, dirinya belum mengantongi data terkait penyebab peningkatan kasus tersebut. Untuk itu, Ia mengatakan hal itu perlu investigasi lebih lanjut.

Bagikan berita ini:
6
6
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar