Preview Belanda vs Spanyol: Momen Bagus De Boer

  • Bagikan
Frank de Boer/News1

FAJAR.CO.ID, AMSTERDAM—Belanda akan menjamu Spanyol dalam laga uji coba internasional, dini hari nanti. Ini momentum bagus bagi Pelatih Belanda, Frank De Boer untuk mengakhiri dahaga kemenangan De Oranje.

PASCA penunjukannya sebagai pelatih Belanda menggantikan Ronald Koeman, De Boer melewatkan tiga pertandingan tanpa kemenangan. Dalam laga debutnya, pasukan De Boer kalah 0-1 dari Meksiko pada uji coba di Amsterdam, 7 Oktober lalu.

Pertandingan berikutnya kontra Bosnia & Herzegovina dan Italia di UEFA Nations League sedikit lebih baik dalam hal hasil. Tim Oranye meraih dua hasil imbang. Namun, tentu saja hasil tersebut masih jauh dari ekspektasi penggemar mereka.

Makanya, laga kontra Tim Matador di Stadium Johan Cruijff Arena, dini hari nanti menjadi kesempatan baik bagi skuat asuhan De Boer untuk kembali ke jalur kemenangan. Selain akan tampil di kandang, mereka juga punya head to head bagus kontra Spanyol dalam dua dekade terakhir.

Terhitung sejak 2000, kedua klub bertemu lima kali. Dari lima pertemuan tersebut, juara Piala Eropa 1988 itu memenangi empat pertandingan. Termasuk kemenangan 2-0 pada pertemuan terakhir di ajang uji coba 31 Maret 2015 silam.

Satu-satunya kekalahan Belanda dari Spanyol adalah ketika kedua negara bersua di final Piala Dunia 2010. Kala itu, Belanda kalah 0-1 lewat gol Andres Iniesta dalam duel yang berlangsung selama 120 menit.

  • Bagikan