Gubernur Berencana Beli Helikopter, BNPB Pusat Belum Setuju

Kamis, 12 November 2020 21:16

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR — Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah, berencana membeli helikopter pada 2021 mendatang. Diketahui pembelian helikopter telah diajukan pada awal tahun lalu.

Namun, berdasarkan penjajakan dari beberapa kelembagaan termasuk Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat untuk pembelian masih belum disetujui.

Hal tersebut dibenarkan oleh Plt Kepala Bappelitbangda Sulsel, Junaedi. Menurutnya Pemerintah Pusat merekomendasikan untuk menggunakan sistem sewa, lantaran BNPB pun selama ini juga menggunakan sistem tersebut.

“Mereka selama ini hanya menggunakan sistem sewa dengan pertimbangan bahwa biaya operasional bisa efisien. Saat ini kita pikirkan untuk sewa beli atau sewa to saja,” ucapnya.

“Pak gubernur berharap kita beli, tapi ada pertimbangan begitu dari pemerintah pusat,” sambungnya.

Sebelumnya, Junaedi mengaku pihaknya telah membloking anggaran sebesar Rp 100 miliar melalui APBD Sulsel 2021.

“Kita belum ada estimasi harga penyewaan tapi yang kita blok anggaran Rp100 miliar untuk pembelian,” tuturnya.

Sebagaimana diketahui, Pemprov Sulsel telah mengajukan anggaran pembelian dan penyewaan helikopter pada APBD Perubahan 2018 dan APBD Pokok 2020 namun ditolak oleh DPRD Sulsel melalui rapat badan anggaran.

Pada RAPBD 2020, anggaran pembelian helikopter diusulkan sebanyak Rp30 miliar melalui BPBD dan anggaran sewa senilai Rp2,25 miliar di APBD perubahan.

Lebih jauh, Junaedi menjelaskan bedanya antara sewa beli dan penyewaan biasa yaitu jika dilakukan sewa beli maka hak milik atas barang tersebut bisa berpindah kepada pembeli jika pembayarannya telah dilunasi.

Komentar


VIDEO TERKINI