Sinergi Cegah Korupsi, Binwas 2021 Fokus ke Peningkatan Kapabilitas APIP

Kamis, 12 November 2020 20:40

Rapat koordinasi pengawasan daerah provinsi Sulawesi Selatan tahun 2020, Kamis (12/11/2020).

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Inspektur Jenderal Kementerian Dalam Negeri RI, Tumpak Haposan Simanjuntak meminta Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) untuk bersinergi dalam mencegah korupsi.

Hal tersebut diungkapkan dalam rapat koordinasi pengawasan daerah provinsi Sulawesi Selatan tahun 2020, di Four Point Hotel, Kamis (12/11/2020).

“Dalam kebijakan Pembinaan dan Pengawasan (Binwas), peraturan UU menjadi acuan dan menjadi acuan pula bagi APIP dalam melakukan review pemeriksaan karena uang negara harus diselamatkan dan kepercayaan masyarakat harus dijaga,” kata Tumpak Haposan Simanjuntak.

Ia menuturkan APIP harus mampu mereview kembali kinerja di daerah dalam mengawal program-program daerah terutama mengawal APBD dengan kerja proaktif.

Lantaran di tengah merebaknya virus Covid-19 kebijakan Binwas akan sangat dinamis.

“Artinya jika Covid-19 berlangsung sampai 2020 atau Covid-19 berlangsung sampai 2021 makanya kita wajib memberikan atensi terutama program yang menghadapi pemulihan ekonomi,” ungkapnya.

“Misalnya kalau diantara kebijakan menurut kita ada yang sulit diterapkan atau juga sering agak berbeda dengan program prioritas daerah, makanya kami mohon juga atensi bahwa untuk kebijakan pembinaan pengawasan 2021 akan sangat dinamis,” sambungnya.

Tumpak menegaskan kegiatan yang mendukung kesejahteraan rakyat bisa saja terabaikan, bila APBD diselewengkan.

Olehnya pada tahun 2021 Binwas fokus terhadap perangkat daerah yakni peningkatkan kapabilitas APIP, penegakan integritas, pengawalan reformasi birokrasi, pemeriksaan kinerja, pemeriksaan dengan tujuan tertentu dan pengawasan yang bersifat mandato.

Komentar