DPLH Sulsel Hadirkan Aplikasi SIMAS LH

Jumat, 13 November 2020 13:42

Menyikapi tuntutan publik terhadap isu keterbukaan informasi dan dokumentasi dalam menghadirkan transparansi, partisipasi dan tata kelola pemerintahan yang baik, termasuk penggunaan media online maka Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup (DPLH) Provinsi Sulawesi Selatan menghadirkan aplikasi SIMAS LH.

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Menyikapi tuntutan publik terhadap isu keterbukaan informasi dan dokumentasi dalam menghadirkan transparansi, partisipasi dan tata kelola pemerintahan yang baik, termasuk penggunaan media online maka Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup (DPLH) Provinsi Sulawesi Selatan menghadirkan aplikasi SIMAS LH.

Kepala DPLH Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Hasdullah menyebut aplikasi tersebut memuat berbagai konten meliputi aduan publik, laporan evaluasi tata kelola, pemantauan lingkungan dari perusahaan dan lain sebagainya yang berkaitan dengan lingkungan hidup.

“Aplikasi ini memperlihatkan langkah inovasi dalam memberi ruang publik untuk mendapatkan data dan dokumentasi terkait lingkungan hidup di Sulsel,” kata Andi Hasdullah.

Aplikasi yang masuk kategori top 40 nasional dalam penilaian inovasi layanan publik itu diharapkan mampu memberi informasi valid ke publik dan melahirkan kepercayaan dari masyarakat.

“Lebih dari pada itu, keterbukaan ini diharapkan bisa memantik partisipasi publik, melahirkan kepercayaan masyarakat yang berujung pada kemajuan, daya saing dan kesejahtraan rakyat,” harap Hasdullah.

Lebih jauh, ia menambahkan visitasi pemeringkatan keterbukaan OPD dinilai mampu mendorong semua elemen pemerintahan untuk berlomba dan berpartisipasi mendukung program Pemerintah Provinsi Sulsel.

“Karena ini memang bagian dari supporting Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk wujudkan kebijakan Gubernur Sulsel. Salah satunya mewujudkan Sulsel bersih melayani,” bebernya.

Diketahui media berbasis online menjadi sangat penting dikembangkan lantaran tuntutan kekinian di era saat ini yang diharapkan dapat mengakses informasi dengan mudah, murah, cepat dan akurat.

Komentar


VIDEO TERKINI