ORI Sulsel Kunjungi Rudenim Makassar, Bahas Penanganan Pengungsi Luar Negeri

Jumat, 13 November 2020 16:10

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Kepala Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Sulawesi Selatan menyambangi Rudenim Makassar dalam rangka kaji peranan pemerintah dalam pelaksanaan penanganan pengungsi dari Luar Negeri di Kota Makassar, Gowa Jumat (13/10/2020).

Kepala Perwakilan ORI Sulawesi Selatan Subhan Djoer bersama rombongan diterima oleh Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Hukum dan HAM Sulawesi Selatan Dodi Karnida dan Kepala Rudenim Makassar Togol Situmorang beserta jajaran.  

Dalam sambutannya Dodi menyambut baik kedatangan Ombudsman ke Rudenim Makassar, dan masukan serta saran perbaikan sangat diharapkan agar Rudenim Makassar dapat terus memberikan pelayanan yang semakin baik bagi masyarakat.

Selanjutnya dalam sambutan Subhan mengatakan bahwa Kemenkumham Sulawesi Selatan sangat terbuka dengan Ombudsman, jadi hubungan yang terbangun adalah koordinasi dan menurut Subhan salah satu instutisi yang kurang dilaporkan ke Ombudsman adalah imigrasi. Lebih lanjut Subhan juga memuji fasilitas yang ada di Rudenim Makassar. 

Kemudian Togol Situmorang dalam paparannya menyampaikan peranan Rudenim sebagai salah satu instansi pemerintah yang menangani pengungsi Luar Negeri di Kota Makassar. Togol mengatakan bahwa peranan Rudenim sesuai dengan amanat Peraturan Presiden Nomor : 125 tahun 2016 tentnag Penanganan Pengungsi dari Luar Negeri adalah menjalankan fungsi pengawasan keimigrasian bagi pengungsi. 

Lebih lanjut disampaikan bahwa dalam pengawasan tersebut juga ada pelayanan yang diberikan, seperti asistensi terkait pelaksanaan pemindahan, AVR dan Resettlement.

Komentar


VIDEO TERKINI