Target APBD 2021 Rp10,4 Triliun, Pemprov Sulsel Akan Hadirkan RS Turis di Toraja

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Pemerintah Provinisi Sulawesi Selatan menargetkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2021 sebanyak Rp10,4 triliun.

Melalui anggaran tersebut, Pemerintah Provinsi Sulsel akan menghadirkan rumah sakit turis di Kabupaten Toraja.

Plt Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Sulsel, Junaedi membenarkan hal tersebut.

Ia menyebut dari anggaran tersebut, sebanyak 13,19 persen akan dialokasikan untuk anggaran kesehatan.

“Ada beberapa program yang akan dilakukan menggunakan anggaran itu misalnya pembangunan rumah sakit. RS regional sesuai program RPMJD Sulsel yang akan dilanjutkan,” kata Junaedi.

Terkait pembangunan rumah sakit, pihaknya akan menyelesaikan Rumah Sakit Bone, mendorong rumah sakit regional di Wajo, di Palopo, hingga menciptakan rumah sakit turis di Toraja yang bertaraf internasional.

“RS tours artinya kemasan rumah sakit turis, tapi kita mau ini jadi regional karena prioritas kita masyarakat setempat bisa memanfaatkan,” beber Junaedi.

Ia mengaku pembangunan rumah sakit di Toraja guna mendorong destinasi wisata di kabupaten yang dikenal dengan adat ritual pemakaman, rumah tongkonan dan mayoritas masyarakat non muslim itu.

“Jadi rumah sakit itu akan memberikan pelayanan yang baik terhadap wisatawan dan masyarakat lokal,” ungkapnya.

Sehingga, kata dia, perlu ada penyesuaian atau pengembangan rumah sakit agar lebih nyaman. “Bukan bangunan baru, tapi RS yang ada dikembangkan,” sambungnya kemudian.

  • Bagikan