Minim Akses Bagi Pejalan Kaki, Gubernur Sulsel Soroti Jalan Somba Opu

Sabtu, 14 November 2020 14:02

Nurdin Abdullah

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah menyoroti minimnya fasilitas bagi pejalan kaki di Sulawesi Selatan khususnya di Kota Makassar.

Hal tersebut diungkapkan saat menghadiri puncak acara HUT Kota Makassar yang ke 413 di Kantor DPRD Kota Makassar, Sabtu (14/11/2020).

“Akses jalan kaki kita ini sangat minim. Ini salah satunya yang menyebabkan kemacetan terjadi,” ucap eks Bupati Bantaeng dua periode itu.

Seharusnya, kata dia, Pemerintah Kota Makassar harus menyediakan fasilitas yang ramah pejalan kaki guna meminimalisir tingkat kemacetan di Kota Daeng.

Hanya saja yang menjadi kendala saat ini yakni sebagian bahu jalan raya dialih fungsikan untuk area parkir atau dengan kata lain kondisi tempat parkir di Kota Makassar tidak cukup luas.

Sehingga yang semestinya dilintasi oleh pejalan kaki, kini digunakan untuk kendaran roda dua maupun roda empat sebagai lokasi parkir.

Terbukti, salah satu jalan yang berlokasi di sekitar Pantai Losari yaitu jalan Somba Opu. Di mana sepanjang bahu jalan dijadikan tempat parkir.

“Di Jalan Somba Opu itu sebenarnya nyaman digunakan untuk pejalan kaki tapi bisa dilihat, banyak mobil yang terparkir di sana. Saya kira ini perlu menjadi perhatian kita bersama,” kata Nurdin.

Olehnya, lanjut Nurdin, pihaknya berencana untuk mengurangi area parkir dan membudayakan berjalan kaki.

Bagikan berita ini:
1
5
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar