Polda: Penikam Tim Appi-Rahman Dibayar Mulai Rp500 Ribu hingga Rp1,5 Juta

Sabtu, 14 November 2020 17:58

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Tujuh pelaku yang terlibat penikaman tim Appi-Rahman diungkap Polda Metro Jaya. Mereka mendapat bayaran Rp500 ribu hingga Rp1,5 juta.

Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya, Kombes Tubagus Ade Hidayat mengatakan ada tujuh pelaku yang teridentifikasi. Menurutnya, penikaman ini merupakan rentetan kejadian di Makassar. Salah satu tersangka berinisial MNM merasa video yang disebar korban MM menjelekkan salah satu paslon.

“Tersangka MNM yang jadi otak penusukan ini datang dari Makassar. Kemudian menghubungi enam rekan lainnya di Jakarta. Ada momentum debat pilkada di Jakarta. Sehingga terjadi insiden penikaman atau penusukan itu,” ungkapnya.

Namun pihaknya tidak menyebutkan kubu paslon yang tersinggung akibat video yang disebar korban. Pihaknya tidak mau masuk ranah politik. Kendati demikian kata Tubagus, hanya ada satu tersangka dari Makassar. Sisanya merupakan warga Jakarta atau berdomisili di Jakarta.

“Enam pelaku lain tidak punya hak pilih di Makassar. Sekali lagi ini rentetan amarah akibat video yang menimbulkan amarah dan berawal dari Makassar. Hanya saja ada kejadian di Jakarta sehingga kami lidik. Para pelaku ini mendapat bayaran antara Rp500 ribu hingga Rp1,5 juta,” bebernya.

Kata dia, para tersangka ini bakal dijerat dengan Pasal 170 KUH dan atau Pasal 351 Ayat (2) KUHP dan atau Pasal 355 Ayat (1) KUHP tentang pengeroyokan yang mengakibatkan korbannya luka berat dengan ancaman pidana 12 tahun. Lalu mereka juga dijerat Pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana dengan ancaman penjara 20 tahun.

Komentar