Danau Tempe dan Sungai Jeneberang Langganan Banjir, Ini Penjelasan Gubernur

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah meninjau peralatan SAR usai apel kesiapsiagaan bencana.

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah mengatakan terdapat beberapa daerah yang menjadi fokus perhatian dalam mengantisipasi bencana alam seperti banjir.

Adapun daerah yang dimaksud di antaranya Kabupaten Wajo tepatnya Danau Tempe dan Kabupaten Gowa yakni Sungai Jeneberang.

Terbukti keduanya menjadi langganan banjir kala curah hujan ekstrem mengguyur Sulsel.

Eks Bupati Bantaeng dua periode itu menjelaskan, Danau Tempe rawan terjadi banjir lantaran dialiri oleh 5 sumber sungai dan hanya memiliki satu pembuangan.

“Sungai ini sudah menjadi rutin bagi kita dan masyarakat Wajo sudah menganggap itu menjadi musiman tapi ini tidak bisa dibiarkan berlarut-larut,” jelasnya, Minggu (15/11/2020).

Sama halnya Sungai Jeneberang, yang perlu mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Provinsi dan BPBD.

“Beberapa daerah yang sangat kritis yang super kritis termasuk daerah sungai Jeneberang apa yang harus kita perhatikan di sana adalah pengendalian dari Dam Bili-bili kemudian dari Jenelata,” tutupnya.

Sebagaimana diketahui saat ini beberapa daerah sudah diguyur hujan termasuk Kota Makassar. Potensi bencana alam seperti banjir wajib diwaspadai, salah satunya melakukan pengecekan terhadap kesiapsiagaan dan persiapan BPBD. (Anti/fajar)

Komentar


KONTEN BERSPONSOR