DPP Wahdah Islamiyah Minta Penceramah Bijak Hadapi Realitas Umat

Minggu, 15 November 2020 12:04

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Departemen dakwah Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Wahdah Islamiyah menyelenggarakan kegiatan yang bersifat meningkatkan mutu kualitas dai dan daiyah Wahdah Islamiyah se-Indonesia bersama MUI Pusat secara virtual.

Sekitar 1400 peserta di antaranya 551 dai dan 930 daiyah mengikuti kegiatan yang menghadirkan pembicara dari MUI pusat.

Dalam sambutannya Ketua Harian DPP Wahdah Islamiyah, ustadz Rahmat Abdurrahman mengatakan kegiatan up-grading dai dan daiyah bertujuan untuk meningkatkan ilmu serta wawasan persatuan umat dan kebangsaan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Serta meningkatkan kompetensi para da’i dan daiyah agar lebih bijak dalam menghadapi realitas ummat hari ini,” ucapnya.

Sementara Ketua MUI Bidang Ukhuwah Islamiyah, Ustadz KH Marsudi Syuhud menyampaikan para dai dan daiyah harus bisa melanjutkan estafet dakwah dan menempatkan posisi sebagai pelayan umat (Khadimul Ummah) dan mitra pemerintah (Shadiqul Hukumah) di negara NKRI.

“Jangan sampai berbentur. Dai harus bisa menyatukan hukum-hukum yang tetap dari Allah dan mengaplikasikannya di tengah perubahan yang ada. Mau tidak mau dai harus mengikuti dan menjadi penghubung di antara ummat. Karena yang demikian tidak gampang maka penting bagi kita untuk terus belajar,” ungkap KH Marsudi.

Terpisah, Ketua Bidang I DPP Wahdah Islamiyah, Ustadz Muhammad Qasim Saguni, menuturkan kegiatan up grading mampu meningkat kualitas kedewasaan dan semakin bijak dalam menaggapi realitas ummat hari ini. (anti/fajar)

Komentar