Menteri Bintang: Perempuan Hindu di Luwu Utara Harus Saling Menggerakkan dan Mendukung

Minggu, 15 November 2020 13:35

Sependapat dengan Menteri Bintang, Pembimas Hindu Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan, Simon Kendek Paranta menekankan pentingnya mendorong para perempuan Hindu di Luwu Utara untuk aktif berorganisasi, mengembangkan potensi dan meningkatkan pemberdayaan perempuan, serta meningkatkan potensi anak sebagai generasi muda baik dalam bidang pendidikan, keagamaan, budaya, dan lainnya, sehingga kualitas Sumber Daya Manusia di dalam masyarakat Hindu bisa ditingkatkan.

Sama halnya dengan Simon, Ketua WHDI, Nyoman Sukawati mengungkapkan bahwa sejak dirinya menjadi pengurus organisasi pada 2009, tingkat ketertarikan perempuan di Desa Sukamaju untuk berorganisasi tergolong rendah. “Untuk menangani hal tersebut, kami terus melakukan sosialisasi terkait pentingnya berorganisasi kepada para perempuan Hindu di Desa Sukamaju agar mereka dapat memperluas pergaulan dan bersosialisasi dengan umat lainnya. Kami harap suami-suami di Kabupaten Luwu Utara juga dapat ikut mendorong istrinya untuk bergabung dalam WHDI,” tutur Nyoman.

Hingga saat ini, WHDI Kabupaten Luwu Utara telah terlibat dalam berbagai program seperti mengadakan lomba tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), memberikan bantuan bagi para lansia yang tidak mampu, dan terlibat langsung dalam kegiatan penyaluran bantuan sosial bagi masyarakat korban bencana di Masamba.

Pada acara ini, Menteri Bintang juga menegaskan pentingnya menanamkan persatuan dan saling mendukung di antara masyarakat Hindu Desa Sukamaju. Sesuai dengan filosofi dalam memainkan alat musik asal Bali yaitu Gong Kebyar. “Jika bagian-bagian dari Gong Kebyar dimainkan sendiri-sendiri, maka tidak bisa menghasilkan suara yang bagus, namun bila dimainkan secara bersamaan akan menghasilkan harmonisasi alunan musik yang sangat indah. Ini merupakan filosofi yang dapat memotivasi kita, bahwa persatuan, kekompakan, dan dukungan masyarakat satu sama lain merupakan hal luar biasa yang harus diterapkan di Desa Sukamaju ini,” jelas Menteri Bintang.

Komentar


VIDEO TERKINI