Bantu Hotel dan Restoran, Pemkot Siapkan Dana Hibah Rp34 Miliar


FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pengusaha hotel dan restoran bisa sedikit bernafas lega. Pemerintah pusat telah mengeluarkan bantuan dana hibah untuk membantu usaha hotel dan restoran bisa tetap berjalan di tengah Pandemi Covid 19.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar), Rusmayani Madjid, mengungkapkan Kota Makassar kebagian dana Rp48,8 miliar. 70 persen atau Rp34 miliar akan dialokasikan untuk hotel dan restoran, sementara sisanya untuk bimbingan teknis maupun pengawasan protokol kesehatan.

“Total bantuan untuk kota Makassar Rp48,8 miliar, 70 persen untuk hotel dan restoran kurang lebih Rp34 miliar. 30 persen itu digunakan juknis sudah ada aturan untuk sosialisasi chse kemudian untuk bimtek chse kemudian untuk pengawasan chse untuk hotel restoran, kemudian untuk revitalisasi tempat usaha,” ungkap Maya sapaan akrabnya saat ditemui di kantornya, Senin (16/11/2020).

Mengenai besaran dana yang diterima, tutur Maya, akan bergantung pada pembayaran pajak hotel dan restoran di tahun 2019. Jadi anggaran yang diterima setiap hotel dan restoran akan beda dengan yang lain.

“Masing-masing akan dapat bergantung dari pajaknya dari Januari sampai Desember 2019. Ada perhitungannya dari Bapenda. Jadi setiap hotel beda nilainya,” sebutnya.

Maya menuturkan, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan bagi pengusaha hotel dan restoran untuk mendapatkan bantuan tersebut. Di antaranya sesuai database Wajib Pajak Hotel dan Restoran Tahun 2019 di daerah penerima hibah, masih berdiri dan masih beroperasi hingga pelaksanaan dana hibah pariwisata pada bulan Agustus tahun 2020, memiliki perizinan berusaha yaitu Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) yang masih berlaku, dan Membayarkan dan memiliki bukti pembayaran PHPR tahun 2019.

Komentar


KONTEN BERSPONSOR