Faktor Keamanan, KPU Tetapkan Debat Kedua Pilwakot Makassar Kembali Digelar di Jakarta

Rapat KPU Makassar soal pelaksanaan debat kedua

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar memastikan lokasi debat putaran kedua Pemilihan Walikota (Pilwakot) akan digelar di luar Makassar. Tetap dilaksanakan di Jakarta.

Komisioner KPU Makassar, Divisi Sosialisasi Partisipasi Masyarakat (Parmas) dan Pendidikan Pemilih, Endang Sari mengatakan, hal itu sudah lama direncanakan KPU, setelah melihat situasi keamanan di Makassar yang kurang kondusif. Apalagi ditambah rekomendasi dari Polrestabes Makassar dan Bawaslu.

“Dari awal itu KPU sudah bertekad di Jakarta dan debat kedua ini dikuatkan dengan rekomendasi pihak kepolisian dalam hal ini Polrestabes Kota Makassar bersama pihak Bawaslu selaku mitra kerja KPU,” ungkap Endang saat dihubungi, Senin malam (16/11/2020).

Mencegah gesekan yang mungkin terjadi, Endang mengaku sudah menyurati Paslon untuk memberitahukan kepada pendukung masing – masing agar tidak menggelar nonton bareng (nobar). Sebaiknya pendukung menonton Paslon mereka dari rumah.

“Pelaksanaan di Jakarta tanggal 23 atau 24 November 2020. KPU bakal menyurat ke masing-masing Paslon untuk menjamin tidak membawa massa ke lokasi debat, termasuk memberikan imbauan untuk tidak melakukan nonton bareng (nobar) selain protap covid, itu bisa memicu konflik antar pendukung. Jadi disarankan untuk duduk manis di rumah,” ucapnya.

Sementara di Di lokasi debat, pihak KPU akan koordinasi dengan Polda metro jaya untuk menurunkan personel untuk melakukan pengamanaan ganda . Selain itu pihak KPU sudah meyiapkan tim untuk mensterilkan lokasi debat.

KONTEN BERSPONSOR

Komentar